Perangkap tikusnya orang kreatif [salut buat TSnya]

Assalamualaikum, hai para pembaca semua, penulis dapet beginian neh yang mungkin bisa jadi solusi buat menekan jumlah tikus dirumah, mau tahu? check this out…


Banyak tikus di rumah Agan?
Tikus sekarang ganas2 ya gan, dari makanan, obat, sampai sabun juga dimakan lho gan. Bahkan binatang piaraan juga ikut dimakan. Dari yang saya tahu, mulai dari ayam, bebek, sampai kucing juga dimakan.

Bingung cara mengatasinya?
Dikasih racun, matinya sembarangan jadinya bau bangke tikus dimana-mana,
dikasih lemtikus, eeeh lem sama kertasnya dimakan juga sama tikusnya.
Mau miara kucing? sekarang manja2 gan, takut sama tikus apalagi kalo tikusnya tikus wirog alias tikus got.

Solusinya
Hmm… bikin perangkap tikus sendiri aja yuk?! Mudah dan murah kok gan, daripada beli. Dijamin efektif.

I. DIAGRAM

II. MEKANISME

Jadi cara kerja perangkap tikus yang akan kita bikin itu kira2 kek gini gan:

1. Tikus merayap naik lewat kayu karena mencium bau makanan. Sisi kayu yg atas (dekat lubang) sudah diolesi selai sebagai pancingan.

2. Tikus masuk lubang ke dalam ember. Di dalam ember sudah ditaro kaleng yg diolesi selai.

3. Kaleng tersebut kedua ujungnya dihubungkan ke ember dengan seutas kawat besi. Saat tikus naik ke atas kaleng, kaleng akan berputar.

4.Tikus lelah dan nyemplung ke air di bawahnya.

III. YANG PERLU DISIAPKAN

Bahan-bahannya yaitu:

1. Ember besar / Kaleng cat bekas ukuran 5 galon

2. Kawat besi

3. Balok kayu kecil

4. Kaleng bekas

5. Selai kacang, selai rasa yg lain juga boleh

6. Air

IV. LANGKAH-LANGKAH

Ikuti langkah2 berikut ini. Jangan khawatir bila agan mengikutinya tidak 100% sama dg instruksi, karena perangkap akan masih bisa bekerja dg baik.
Ingat kita hanya merakit perangkap tikus gan, bukan computer, jadi salah2 dikit gapapa.

Jadi langkah2nya adalah:

1. Siapkan satu buah ember ukuran besar dan buat lubang dg diameter 6 cm, kira2 pada ¾ dari ketinggian ember.

2. Siapkan kawat logam berukuran kecil (diameter kira 0,5 cm) yg nanti akan dimasukkan ke lubang. Bisa juga menggunakan gantungan baju yg terbuat dari kawat.

3. Buat lubang lagi (lubang kedua) di bawah lubang yg pertama, diameternya sedikit lebih besar dari diameter kawat. Posisinya kira-kira 2-3 cm di bawah lubang pertama.
Kemudian di sisi lain ember, bikin lagi satu lubang (lubang ketiga) dengan diameter dan ketinggian sama dg lubang kedua. Jadi antara lubang kedua dan ketiga nanti akan saling berhadap2an.
Jadi sekarang ada 1 lubang besar dan 1 lubang kecil di satu sisi ember, dan 1 lubang kecil pada sisi lain yg berseberangan.

Note: Jika Agan bikin kesalahan semisal lubang ketiga terlalu tinggi atau rendah (tdk sejajar dg lubang kedua), tidak masalah, bisa bikin lagi lubang baru. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

4. Siapkan kaleng soda, kaleng susu, kaleng cat, atau kaleng lain dan buat lubang tepat di tengah2 sisi atas dan sisi bawah. Ukuran lubang pada kaleng sama dg ukuran lubang kecil pada ember (lubang ke-2 dan ke-3 pada ember).

Note: Usahakan ukuran kaleng jangan terlau besar agar tidak mengurangi volume air.

5. Siapkan balok kayu yg akan digunakan sebagai jalan masuknya tikus ke dalam ember. Agan boleh menggunakan jenis kayu apa saja. Buat menjadi 2 bagian.
Bagian pertama sebagai jalan naik ke lubang, dan bagian kedua sebagai jalan masuk ke dalam lubang. Bagian pertama panjangnya kira-kira 25 cm, dan bagian kedua panjangnya kira-kira 15 cm, tergantung ukuran ember. Ukuran tdk harus persis sama.
Nanti hasilnya akan seperti ini nih:

6. Hubungkan 2 bagian kayu tadi membentuk siku2 seperti terlihat pada gambar di bawah. Menggunakan lem atau paku juga boleh, yg penting dipasang dg benar agar cukup kuat menyangga pada ember.

7. Masukkan kawat besi pada lubang kecil (lubang ke-2) yg tadi sudah dibikin di ember, lalu hubungkan dg lubang di kaleng dan tembus pada lubang ke-3 pada ember. Tes dulu, pastikan kalengnya bisa berputar dg lancar
Jika posisi lubang ke-2 atau ke-3 belum sejajar sehingga kawat tidak lurus horizontal, buat lubang lagi sampai posisi kawat bisa lurus .Usahakan agar ketinggian kaleng sejajar dg kayu, bila lebih tinggi/rendah juga tdk masalah seperti yg terlihat pd gambar. Beri jarak antara kaleng dg kayu kira2 3,5 cm.

8. Siapkan selai, olesi sedikit saja selai pada bagian atas kayu (kayu yg dekat lubang) sbg pancingan.

9. Oleskan lagi selai, kali ini pada bagian sisi kaleng yg jauh dari kayu (Ujung kaleng yg letaknya dekat lubang ke-3 pada ember). Oleskan merata agar tidak mengganggu keseimbangan kaleng. Jangan terlalu tebal olesannya supaya kaleng bisa berputar dengan lancar.

10. Langkah terakhir, isi ember dg air kira2 setinggi 10-11 cm tergantung ukuran ember. Yg penting ketinggian air tdk sampai menyentuh kaleng.

Nah, setelah perangkapnya jadi, bisa diletakkan di tempat yg kira2 banyak tikusnya, misalnya di dapur rumah Agan atau di gudang.

Setelah semalam, hasilnya kek gini nih, gan:

Mantap kan, gan

Oia, bila tikus di rumah Agan banyak, jangan kaget ya bila dalam semalam bisa menangkap 5-10 ekor tikus.

V. CATATAN

1. Perangkap ini murah gan, bisa diletakkan berbulan2 tanpa perawatan, kecuali saat Agan ingin membuang tikus yg terjebak.

2. Demi menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar, lebih baik gantilah air di dalam ember secara teratur, supaya tidak menjadi sarang nyamuk.

3. Kalo selainya sudah mulai menipis atau membusuk, lebih baik oleskan selai yg baru.

4. Kalo Agan orangnya ga tegaan, mendingan perangkapnya ga usah dikasi air, jadi setelah terperangkap, tikusnya dibuang aja.

5. Setelah sukses menjebak tikus, perangkapnya sebaiknya dibersihkan sampe benar2 tidak bau tikus lagi.

Hmm, gampang kan gan, selamat mencoba ya. Ditunggu tanggapannya.

Ada masukan neh :
AIR BISA DIGANTI DENGAN BERBAGAI MACAM BENDA SESUAI KREATIFITAS…

CONTOHNYA DENGAN BESI RUNCING ATAU LIMBAH BERACUN…

(wew sadis tapi boleh deh daripada tidur ditemenin tikus… hehe)

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s