Cara Mengembalikan Data dalam Partisi yang Terdelete

Assalamualaikum,
Semoga pembaca artikel diberikan kemudahan… Aamiin… Lho koq gitu??? Iya sekarang penulis mau share ilmu cara mengembalikan data dengan software getdataback + tutorialnya, penulis terinspirasi dari pengalaman pribadi, saat lagi ngoprek-ngoprek partisi komputer, mau coba-coba malah keteteran saat partisi data tak disengaja terdelete…waduh lemesnya bukan main, data yang setelah bertahun-tahun dikumpulkan, semua terhapus dengan sekali tekan “enter” mau minta tolong, mau minta ama siapa… Terus penulis tidak putus asa (dalam islam dilarang keras), akhirnya ketemulah solusinya dari terawangan mbah google… Alhamdulillah bisa kembali… (dari tadi curhat mulu neh…!!! *teriaksalahseorangpembaca) haha iya maaf ya, oke deh daripada ngoceh ngalor ngidul, check this out….

Sebelumnya jangan panik dulu ya… bisa kok selama ada kemauan pasti ada jalan….YAKINLAH….. (Soalntya penulis juga pernah ngalamin)


1. Download dulu softwarenya DISINI (NTFS untuk hard disk dan FAT untuk flash disk)
Sediakan juga Hardisk Eksternal untuk memindahkan data yang nanti akan dicari(dalam hal ini, penulis ingin mengembalikan data dari hard disk yang terformat) mengapa tidak dihard disk yang kita punya saja sebagai tempat untuk menyimpan datanya nanti? jangan, nanti takut data yang ada/ yang ingin kita cari tertiban/terhapus data yang kita paste disitu.

2. Baca “Bismillah” buat Muslim dan sesuai kepercayaan masing-masing buat non muslim (awali usaha dengan doa). Setelah itu pastikan partisi terpasang dengan benar.

3. Setelah software selesai di dowload, klik dua kali untuk menginstall.

4. Setelah terinstall, buka software tersebut dengan mengklik dua kali, maka akan menampilkan output seperti gambar dibawah ini. Kemudian Klik NEXT

(checklist seperti pada gambar ya)

5. Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut. Lalu pilih partisi yang ingin di kembalikan datanya >>> klik NEXT

6. Kemudian pilih Search Entire Drive untuk mencari data pada bagian yang tadi kita pilih, kemudian klik NEXT lagi

7. Maka akan muncul tampilan seperti berikut yang berarti kita harus menunggu prosesnya (siapin cemilan dulu🙂 )

8. Kemudian setelah proses selesai, akan muncul tampilan daftar seperti berikut. (pilih didalam daftar/list yang MFT starts dan file startsnya lebih penuh dibandingkan yang lainnya/bisa juga coba satu-satu). disinilah tahap menjenuhkannnya karena harus mencari file-file yang kita inginkan dalam tiap list yang ada

kemudian klik NEXT.

9. Setelah itu software akan memproses lebih lanjut…. (makan cemilan yang tadi di siapain hehe…)

10. Setelah selesai maka akan muncul tampilan seperti berikut. Nah disini juga bisa dikatakan menjenuhkan karena kita harus mencari data-data yang kita inginkan ditiap folder (ngga apa-apalah… daripada ngga ketemu hehe) setelah menseleksi folder pertama, klik dua kali untuk melihat isi folder. klik NEXT

11. Blok semua file yang ada di dalam folder yang menurut pembaca itu adalah file yang dicari, lalu klik kanan>>>Copy (lakukan untuk semua folder yang menurut pembaca itu adalah berisi file penting yang ada di step 5)

12. Browse tempat file/data yang akan di di simpan (nah gunakan hard disk eksternal yang tadi disiapkan untuk menyimpan data.)

Selesailah penjelasan dari penulis tentang cara mengembalikan data ini, semoga bermanfaat…🙂
Terima Kasih.

NB : Hasil pencarian dapat di save dulu dengan format “*st4” pada STEP 4 dan “*st5” pada STEP 5 jika pembaca ingin melanjutkan pencarian data di waktu lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s