AWAL DARI PENULISAN ILMIAH

Assalamu’alaikum…

Aku selaku penulis ingin sedikit bercerita kepada pembaca semua tentang pengalaman saat  menghadapi PI (Penulisan Ilmiah).
“…Berawal dari semester 6, disana aku bertemu suatu kewajiban yang harus dilakukan untuk memenuhi salah satu syarat agar dapat ikut dalam skripsi di semester 8 nanti yaitu sebuah PENULISAN ILMIAH (PI). Jujur, diawal langkahku menjejakinya, banyak ide yang terlintas dipikiran ini untuk kujadikan sebuah tema dan judul dalam penulisan mulai dari seputar desain web, jaringan komputer, aplikasi android hingga sebuah teknologi yang amat baru ku dengar yaitu Augmented Reality (AR). Augmented Reality adalah sebagai teknologi yang menggabungkan benda maya atau tidak nyata dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah hal yang seolah nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dengan menggunakan sebuah marker dalam waktu nyata sehingga terjadi interaksi fisik antara maya dan nyata, marker itu sendiri adalah sebuah media fisik yang dijadikan simbol unik yang berfungsi memunculkan sebuah objek yang telah kita buat sebagai Augmented Reality-nya. Teknologi ini pertama kali ku kenal dari seorang teman yang pernah menghadiri sebuah seminar tentang Augmented Reality, walaupun penjelasannya kurang memuaskan hati karena belum sempat melihat dengan mata kepalaku sendiri, aku mulai mencari tahu dari media yang selalu kujadikan sebuah sarana untuk mencari informasi yaitu internet. Disana ku mendapatkan sedikit info tentang AR dikarenakan banyak istilah yang terdengar asing ditelingaku, baik berupa artikel maupun video…”

MENGAPA MEMILIH AURMENTED REALITY SEBAGAI TEMA PENULISAN ILMIAH?
“…Orang-orang disekelilingku banyak yang telah mendapatkan ide yang akan dituangkan dalam penulisan ilmiah mereka, salah satu yang dominan adalah pemanfaatan teknologi Augmented Reality, pada akhirnya ku bulatkan tekat untuk memilih teknologi AR sebagai tema Penulisan Ilmiah ku karena menurutku cukup menarik untuk dilakukan dimana aku sendiri memiliki ketertarikan pada bidang desain, IMK, dan multimedia. Tema sudah kudapat, tapi ada satu hal yang masih mengganjal di hati, apa yang bisa ku buat dengan teknologi Augmented Reality? Ku coba kembali putar otak untuk mendapatkan sebuah judul yang tepat, kucari inspirasi dari mereka yang telah berhasil mendapatkan judul, tetapi hasilnya nihil, kurang lebih yang kudapat adalah membangun sebuah bangunan dengan berbagai konsep dasar yang telah mereka tentukan. Menurutku hal itu terlalu umum, emm mungkin karena banyak dari temanku yang ingin membuat objek tersebut, walau kuakui membuat sebuah bangunan itu cukup sulit dan butuh keahlian serta kesabaran apalagi harus sesuai dengan konsep yang mereka pilih. Kemudian ku coba mencari inspirasi diluar anak-anak yang sedang menggeluti bidang Augmented Reality, ku coba masuk ke arah android…”

APA YANG MELATAR BELAKANGI?
“…kebetulan ada seorang teman yang pernah membuat project tugas terdahulu, kalau tidak salah, ia memilih tema belajar membaca Iqra dengan aplikasi android, nahh disitu ku mendapatkan sebuah ide simple yang sepertinya pantas untuk kutuangkan dalam teknologi AR yaitu mengajarkan huruf dasar yang menjadi syarat wajib jika ingin dapat membaca iqra yaitu huruf Hijaiyah, disamping itu juga aku sangat prihatin melihat tunas-tunas bangsa yang kini sedikit demi sedikit kian meninggalkan ajaran agama khususnya belajar membaca Al Qur’an, mereka lebih memilih bermain game baik online maupun ofline dan menonton tayangan sinema elektronik (sinetron) dari pada mencoba untuk mengenal huruf-huruf hijaiyah sebagai syarat wajib untuk dapat membaca ayat-ayat Al Qur’an, entah karena faktor kemalasan pada anak, kurangnya dorongan orang tua yang kuat ataupun media pembelajaran yang menurut mereka kurang menarik, ku coba ambil faktor terakhir tadi sebagai dasar pembuatan PI ini yang diharapkan dapat membuat media pembelajaran baru bagi anak-anak agar lebih tertarik untuk belajar mengenali huruf-huruf hijaiyah…”

BAGAIMANA PROSES PEMBUATANNYA?
“…Kita kembali ke dalam proses pembuatan PI, di lain sisi ku coba berpikir lagi, marker apa yang harus ku buat, berupa gambar tulisan latinkah atau huruf hijaiyah itu sendiri yang akan dijadikan marker? Setelah ku pertimbangkan, aku pilih tulisan latin yang akan menjadi marker dan huruf hijaiyah yang akan menjadi Aurmented Reality-nya. Jadi konsepnya adalah saat ku print sebuah huruf latin, contohnya “alif” sebagai marker, kemudian saat ku sorot dengan kamera, maka diatas tulisan “alif” akan muncul sebuah objek 3D bentuk huruf “alif” yang sebenarnya. Hal itu baru sekedar harapanku, belum menjadi kenyataan, sekarang langkah yang harus ku cari adalah bagaimana cara membuat AR tersebut? Kucari info dari teman-teman siapa saja yang sudah berhasil membuat AR. Ada seorang teman yang ternyata sudah berhasil dan bersedia mengajarkan ilmunya kepadaku, software yang digunakan adalah ARToolKit, Meshlab dan blender. Blender yang berfungsi membuat objek 3D kemudian mengeksportnya kedalam bentuk file .x3d, Meshlab berguna mengonvert file .x3d kedalam bentuk file .wrl dan ARToolKit yang akan memunculkan file .wrl menjadi AR yang sesuai dengan objek 3D yang telah dibuat tadi pada blender dengan beberapa konfigurasi  dan sintaks yang diubah dalam ARToolKit. Aku mulai mencoba menerapkankan pada sistem operasi linux dengan distro Ubuntu 12.04 yang sebelumnya ku terapkan pada Windows 7, sekarang dalam masa percobaan…”

Sekian dulu sekilas cerita asal muasal mengapa aku memilih Augmented Reality sebagai tema Penulisan Ilmiahku. Semoga para pembaca sekalian menemukan inspirasi positif didalamnya.

Wassalamu’alaikum…

Penulis : Rahmat Ramdhani
.::Universitas Gunadarma::.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s